Sabtu, 30 Maret 2013

Tugas Mata Kuliah Softskill Perekonomian Indonesia (Kreativitas)

UNIVERSITAS GUNADARMA

Tugas Individu
Nama : Nurl Fathia Lulu Septiarini
NPM : 25212506
Kelas : 1EB21
Mata Kuliah : Softskill Perekonomian Indonesia


Modern Dance
Saya sangat suka menari,salah satu tarian yang saya suka adalah tari modern atau biasa yang disebut modern dance.Berikut ini adalah sejarah,macam-macam modern dance dan perkembangan modern dance.
Sejarah Modern Dance
Modern dance adalah sebuah seni tari modern, gerakan tari ini dibuat oleh setiap orang atau penari sesuai dengan penafsiran masing-masing dengan mengikuti irama musik atau dengan kata lain, tarian ini tidak mengikuti gerakan-gerakan yang terstruktur.
Modern dance mulai dikembangkan pada tahun 1990, tarian ini dianggap sebagai cerminan dari jiwa seseorang, ini adalah tentang kebebasan gerakan dengan keselarasan musik, lalu dikomunikasikan dengan penonton. Ini adalah salah satu bentuk terbaik dari komunikasi non-verbal.
Modern dance juga dianggap sebagai penghilang stress dan cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan atau suasana hati seseorang. Tarian ini identik dengan kostum, sepatu, dan berbagai aksesoris modern lainnya.
Puncak popularitas tarian ini terjadi pada tahun-tahun awal abad ke-20, dengan bentuk tarian yang santai namun tidak membatasi diri pada teknik gerakan maupun kostum. Tarian in berfokus pada kreativitas untuk mengekspresikan diri sendiri.
Awalnya Loie Fuller bereksperimen melakukan tarian dengan gerakan bebas sehingga kemudian melahirkan bentuk tarian yang kini populer dengan 'modern dance'. Selama periode yang sama Ruth Denis mencoba mengembangkan gerakan tarian versi dirinya sendiri yang berdasarkan pada berbagai insiden mitologi. 
Penari besar lainnya seperti Martha Graham, Doris Humphrey, Isadora Duncan dan lainnya mengikuti jejak mereka berdua. Tarian ini terus berkembang dengan gerakan-gerakan yang tidak terbatas, setiap penari atau koreografer bebas mengekspresikan gerakan-gerakan dengan tidak membatasi diri pada metode dan ideologi penggagas modern dance.  
Kemudian inovasi berbagai bentuk tarian ini dilakukan oleh penari-penari, seperti Martha Graham, Merce Cunningham, Isadora Duncan dan lainnya. Inovasi ini telah mengilhami perubahan sehingga koreografinya kemudian menggunakan emosi dan penuh ekspresi.

Berbagai Macam Modern Dance :

1.      Robot Dance:
The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari – sering bingung dengan bermunculan – yang mencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington, juga dikenal sebagai “Charles Robot” pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaran lebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine
2.      Blood-Elf Dance:
Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur. Ini merupakan Tarian Baru era jaman sekarang. Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.
3.      Breakdance:
B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di Bronx Selatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genre musik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gaya tarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker. Meskipun “breakdance” adalah istilah umum, “b-boying” dan “melanggar” lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang paling menonjol pionir dan praktisi.
4.      Moonwalk Dance:
      The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadi populer di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja “Billie jean “on Motown 25: Kemarin, Hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Ini kemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tari terkenal di dunia.
5.      Spoiler for (Running Man) Shuffle Dance:
The Running Man(Shuffle Dance) adalah tarian yang berasal dari tahun 1980-an dan akan dilakukan terutama oleh MC Hammer selama konser live show dan video musik, tapi baru mencapai popularitas di tahun 2000-an. Tarian ini diciptakan oleh Paula Abdul sementara ia adalah seorang koreografer bagi Janet Jackson pada akhir ‘80-an. The Running Man ini pertama kali dilakukan pada tahun 1987 dan 1988 sebagai bagian dari Control Janet Jackson-tur konser. [Rujukan?] Ia juga digunakan dalam beberapa bentuk tarian Melbourne Shuffle gaya. Terdiri dari langkah hopping atau geser dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan untuk mensimulasikan seorang pelari.

Modern Dance Di Masa Kini
Modern dance di masa kini sangat di gemari, terutama oleh kalangan remaja yang identik senang dengan segala sesuatu yang baru dan tidak mengekang. Kini banyak bermunculan koreografer yang mengembangkan modern dance dan memperkaya nilai modern dance. Di masa kini, penari modern menggunakan modern dance untuk mengekspresikan emosi terdalam mereka, bahkan untuk lebih dekat dengan batin mereka mandiri. Penari modern memilih subjek yang dekat dengan hati mereka, seperti cinta yang hilang atau kegagalan pribadi. Penari akan memilih musik yang berhubungan dengan cerita, atau memilih untuk tidak menggunakan musik sama sekali, dan kemudian memilih kostum untuk mencerminkan emosi yang mereka pilih. Modern dance sudah menjadi salah satu kurikulum di beberapa sekolah modern di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Bahkan banyak pula sanggar-sanggar tari yang membuka kelas modern dance. Dari segi peminat sudah barang tentu banyak dari segi jumlah. Tempat-tempat atau studio kursus / les modern dance pun menjamur dimana-mana, mulai dari yang sekedar menyewakan tempat untuk berlatih sampai yang menyediakan instruktur khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar