Kamis, 10 Maret 2016

Tugas Mata Kuliah Softskill Akuntansi Internasional (Tugas 1 : Profil Perusahaan Multinasional dan Penerapan IFRS)

PT Keramika Indonesia Assosiasi, Tbk.

1.        Profil Perusahaan PT Keramika Indonesia Assosiasi, Tbk.
          ·       Tahun Berdiri dan Pendiri Perusahaan
PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA) merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri keramik modern di Indonesia. PT Keramika Indonesia Assosiasi adalah produsen utama berkualitas tinggi ubin keramik dinding termasuk juga aksesorisnya. Awalnya pada tanggal 27 November 1953 PT Keramika Indonesia Assosiasi berdiri dengan nama CV Keramika Indonesia yang berlokasi tepatnya di Tanjung Pandan , Pulau Belitung , Sumatera. CV Keramika Indonesia merupakan usaha patungan antara   pemegang usaha indonesia dengan Interbekton N.V dan N.V Konin Klijke Sphinx Ceramique, sebuah   perusahaan   keramik   yang   berkedudukan   di   Marstricht-Belanda. Kerjasama ini berlangsung hingga tahun 1973 dan kemudian diganti dengan perusahaan Singapura, Hock Soon and Co (PTE) LTD. Pada awalnya pabrik hanya memproduksi beberapa jenis peralatan makan dengan kapasitas yang sangat kecil.
Kemudian Perseroan didirikan pada  tahun 1968 dalam rangka  penanaman modal asing berdasarkan undang-undang no. 1 tahun 1967 dengan akta no. 78 tanggal 28 November 1968 dan diubah dengan akta no. 50 tanggal 11 Februari 1969. Keduanya dibuat  dihadapan  Julian Nimrod Siregar gelar Mangaradja Manora, SH. sehingga membuat status modal menjadi PMA dengan nama PT  Keramika Indonesia Assosiasi.
Pada akhir tahun 2011, para pemegang saham menyetujui dan menerima SCG Building Materials Co Ltd, menjadi pemegang saham utama Perseroan yang baru dengan 93,51% saham. SCG Building Materials Co., Ltd adalah perusahaan terkemuka dalam industri bahan bangunan di Thailand, didirikan sejak 9 Desember 1998. Beralamat kantor di 1 Siam Cement Road, Bangsue Sub-District, Bangsue District, Bangkok, Thailand. PT Keramika Indonesia Assosiasi memiliki produk dengan merek KIA, Impresso dan SPECTRA, yang membawa pengakuan pasar kualitas produk baik dari dalam negeri dan luar negeri meliputi Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Saat ini, pabrik KIA terletak di Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk dinding dan lantai ubin, diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Karawang, Jawa Barat sementara genteng diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Gresik, Jawa Timur.
          ·         Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dan Jumlah Saham yang Beredar
Pada tahun 1994, KIA terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya, yang kemudian dilanjutkan dengan Penawaran Umum Terbatas I dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu pada tahun 1997. Pada tahun 1995, KIA diberikan ISO Standard 9001 No.Q4724 1995 untuk Lingkungan dan Standar Sosial oleh Bank Dunia. Pencapaian  KIA terbukti dengan banyak penghargaan yang didapatkan sejak masa lalu hingga sekarang. Penghargaan ini membuktikan bahwa KIA memiliki komitmen penuh dalam menyediakan tidak hanya kualitas produk, tetapi peduli untuk pelanggan dan lingkungan juga.
SCG Building Materials, Co., Ltd. melaksanakan Tender Offer antara tanggal 5 Juli – 3 Agustus 2011 dan menyerap sebanyak 3.537.500 lembar saham dari pemegang saham masyarakat. Untuk memenuhi peraturan Bapepam dan LK (OJK/Otoritas Jasa Keuangan) No. IX.H.1, SCG Building Materials Co., Lt. telah menjual seluruh saham hasil Tender Offer tersebut kepada masyarakat pada tanggal 28 Nopember 2012. Kepemilikan saham SCG Building Materials Co., Ltd. di Perseroan adalah sebanyak 14.378.410.753 saham atau sebesar 96,31% per 31 Desember 2012. Pada tanggal 15 Februari 2012 Perseroan efektif melaksanakan Penawaran Umum Terbatas II dengan mengeluarkan sebanyak 6.504.100.000 saham Seri B yang telah diambil seluruhnya oleh pemegang saham dan pembeli siaga. Dengan demikian jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan telah meningkat dari semula 8.425.000.000 menjadi 14.929.100.000 saham.
          ·       Anak Perusahaan
Saat ini, perusahaan memiliki 2 anak perusahaan yaitu : PT KIA Keramik Mas dan PT KIA Serpih Mas.
PT KIA Keramik Mas didirikan pada tahun 1983 dalam rangka memperluas usaha yang awalnya berlokasi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Kepemilikan saham PT Keramika Indonesia Assosiasi pada PT KIA Keramik Mas sebesar 99,21%. PT KIA Keramik Mas mulai beroperasi pada tahun 1984 dan menjadi produsen genteng keramik. Pada tahun 1995 PT Keramika Indonesia Assosiasi melakukan ekspansi produksi kembali di Gresik. Tahun 1996 di Gresik PT Keramika  Indonesia Assosiasi  memproduksi  Roof  Tile  (genteng  berglasur) hingga sekarang.
PT KIA Serpih Mas mulai beroperasi pada tahun 1970. PT KIA Serpih Mas juga merupakan salah satu upaya untuk ekspansi usaha. Pada awalnya pabrik hanya berlokasi di Cileungsi , Bogor , Jawa Barat namun pada tahun 1995 didirikan lagi pabrik yang berlokasi di Karawang , Jawa Barat. PT KIA Serpih Mas merupakan produsen ubin keramik lantai. Kepemilikan saham PT Keramika Indonesia Assosiasi pada PT KIA Serpih Mas sebesar 86,68%. Pada tahun 1997 PT KIA Serpih Mas mulai memproduksi Floor Tile , Wall Tile dan Granito.
2.        Penerapan (International Financial Reporting Standards) dalam Pelaporan Keuangan PT Keramika Indonesia Assosiasi, Tbk.
     Laporan keuangan konsolidasian PT Keramika Indonesia Assosiasi, Tbk. tahun 2014 disusun dan disajikan dengan menggunakan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia, meliputi pernyataan dan interpretasi yang diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia dan Peraturan No. VIII.G.7 tentang “Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik”, Lampiran Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam dan LK) (sekarang Otoritas Jasa Keuangan/OJK) No. Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012.
Laporan keuangan konsolidasian disusun sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (Revisi 2009), “Penyajian Laporan Keuangan” yang mengacu pada International Accounting Standar (IAS 1 2009) yang diadopsi dari International Financial Standar Reporting (IFRS). PSAK No.1 Revisi 2009 merupakan salah satu bentuk konvergensi IFRS yang telah dilakukan di Indonesia.
PSAK 1 revisi 2009 mengadopsi IFRS dalam hal penamaan komponen laporan keuangan menjadi:
             1)      Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Positions)
             2)      Laporan Laba Rugi Komprehensif (Comprehenship Income Statements)
             3)      Laporan Perubahan Ekuitas (Retained Earnings Statements)
             4)      Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows).
             5)      Catatan Atas Laporan Keuangan (Notes to Financial Statements) (IAI, 2009).
Dalam hal laporan laba rugi mengurutkan pendapatan operasi, beban operasi, kemudian baru menggabungkan pendapatan dan beban lain non operasi.
Selain mengumumkan adopsi IFRS, PSAK 1 revisi 2009 juga merevisi beberapa hal. PSAK 1 revisi 2009  juga menyesuaikan penamaan kelompok akun. Penyesuaian utama adalah:
1)      Assets yang semula diartikan menjadi Aktiva diubah menjadi Aset.
2)      Liability yang semula diartikan Kewajiban diubah menjadi Liabilitas (IAI, 2009).

Dasar pengukuran laporan keuangan konsolidasian PT. Keramika Indonesia Assosiasi adalah konsep biaya perolehan (historical cost), kecuali beberapa akun tertentu disusun berdasarkan pengukuran lain, sebagaimana diuraikan dalam kebijakan akuntansi masing-masing akun tersebut. Laporan keuangan konsolidasian PT. Keramika Indonesia Assosiasi disusun dengan metode akrual, kecuali laporan arus kas. Laporan arus kas konsolidasian disusun dengan menggunakan metode langsung dengan mengelompokkan arus kas dalam aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.
Sumber :         
www.idx.co.id (Diakses pada: 09 Maret 2016, 11:37 WIB).
http://kiaceramics.com/ (Diakses pada: 09 Maret 2016, 12:05 WIB).

Tulisan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Softskill Akuntansi Internasional

Nama                     : Nurl Fathia L.S
Dosen Matkul        : Jessica B., SE., MMSi


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI






1 komentar:

  1. Kepada Yth,
    To :PT,CV,LTD,TBK, PERUSAHAAN BUMN & SWASTA
    Di Tempat.

    Up/attn : Pimpinan Perusahaan, HRD & Finance Manager ,Accounting
    Perihal: urat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. JASA MULYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami ,PT.JASA MULYA ABADI.
    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:serta BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    Ø JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    Ø JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    Ø JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    Ø JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)

    1. Contractor all risk (CAR)
    2. Conprenshive general liability ( CGL)
    3. Workman compensation liability (WCL)
    4. Automobile liability (AL)
    5. Custom bond
    6. Property all risk (PAR)
    7. Erection all risk ( EAR)
    8. Marine hull insurance (MH)
    9. Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11. Kredit Modal Kerja (KMK)
    12. LC


    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapakibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko/(Wan Prestasi), baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Salam.
    IKHWAN YUZAR
    Marketing
    PT. JASA MULYA ABADI
    (Insurance – Bank Guarantee & Surety Bond)Jl.Mustika 1 No. 29,Sumur batu, Kemayoran - Jakarta Pusat

    Telp : 021-4260719 (Hunting)
    Fax : 021-4252048
    Email : ikhwan.jma@gmail.com
    contact :081295823316


    BalasHapus