Judul : Inovasi dalam berbisnis
Tulisan : 2
Kelas 1EB21
UNIVERSITAS GUNADARMA
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2012
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB21
Nama : Nurl Fathia Lulu Septiarini
NPM : 25212506
Tugas Kelompok
Nama Kelompok NPM
1.Anis Septriyani P (20212931)
2.Deslia Nisrina H (21212894)
3.Melinda Chelviana (24212541)
4.Nurl Fathia Lulu S (25212506)
5.Tika Ervina Br K (27212384)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam
makalah ini akan dibahas mengenai inovasi dalam berbisnis. Inovasi merupakan
suatu pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru
dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.
Seringkali orang mengalami kegagalan dalam berbisnis karena kurangnya inovasi
terhadap barang yang didagangkan. Untuk itu, inovasi merupakan suatu hal yang
penting dibahas.
B.
Rumusan
Masalah
a) Pentingnya
inovasi dalam berbisnis
b) Kiat-kiat
berinovasi dalam bisnis
C.
Tujuan
Pembahasan
a) Mengetahui
manfaat dari berinovasi
BAB II
PEMBAHASAN
Definisi
Inovasi
Inovasi adalah suatu penemuan baru
yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau
wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai
seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang inovatif akan selalu berupaya
melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang
sudah ada. inovatif juga merupakan sikap penting bagi yang hendaknya dimiliki
oleh seorang wirausahawan. wirausahawan yang slalu melakukan inovasi dalam
ushanya. maka keuntungan dan kesuksesan akan ia dapat. inovatif merupakan
implikasi dari karakteristik wirausahawan yang mampu membawa perubahan pada
lingkungan sekitarnya. inovatif secara tidak langsung menjadi sifat pembeda
antara wirausahawan dengan orang biasa, maupun pengusaha. seorang wirausahawan
akan selalu memikirkan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, tidak seperti yang
dipikirkan dan dilakukan oleh kebanyakan orang. kreatif dan inovatif adalah
suatu kemampuan untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi
sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis. baik langsung
maupun tidak langsung seorang wirausahawan adalah orang yangmampu membawa
perubahan pada lingkunganya. disisi lain ia juga orang yang sanggup menerima
perubahan yang terjadi dan menyikapi perubahan tersebut dengan positif. ia juga
berani mengambil resiko berhasil ataupun gagal di setiap jalan yang ia ambil.
wirausahawan mampu bertahan pada kondisi perekonomian yang sulit dan serba
kalut. karena disaat semua resah, ia memiliki kreasi dan inovasi untuk
memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang
produktif sehingga memberikan nilai ekonomis.
Pentingnya
Inovasi Dalam Berbisnis
Orang
seringkali lupa ketika merasa produknya sudah menjadi yang terdepan dalam
persaingan bisnis. Padahal dalam dunia bisnis, yang terus berinovasi yang akan
terus menjadi pemenang.
Jika
Anda percaya roda kehidupan terus berputar, demikian juga dengan roda bisnis.
Mungkin tahun ini produk Anda menjadi market leader, tetapi tahun depan
belum tentu. Persaingan dalam bisnis sangatlah ketat. Pesaing-pesaing baru
terus bermunculan setiap hari.
Tak
sedikit dari mereka hadir dengan membawa inovasi baru. Jika Anda terus bertahan
dengan cara lama, yang terjadi adalah bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal.
Seberapa
penting sebenarnya inovasi dalam berbisnis? Mengutip tulisan Yoris Sebastian di
majalah Femina, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa inovasi
penting bagi bisnis Anda.
·
Inovasi dibutuhkan agar
bisnis Anda selalu relevan bagi konsumen.
Semakin hari konsumen semakin memiliki karakter yang senang menggunakan
produk-produk praktis. Alasannya tentu saja karena mereka semakin memiliki
sedikit banyak waktu. Jika dahulu obat jerawat berbentuk bubuk dan harus
dicampur air untuk menggunakannya, sekarang orang cenderung lebih suka dalam
bentuk cair di dalam tube.
·
Mengganti produk yang masa
hidupnya pendek. Beberapa tahun lalu Anda mungkin masih
menggunakan alat pemutar kaset atau CD untuk mendengarkan musik. Sekarang cukup
dengan MP3 player yang mungil Anda sudah bisa mendengarkan musik.
·
Memberikan untung lebih
besar. Peluncuran produk terbaru Apple selalu
ditunggu oleh konsumennya. Sebenarnya yang mereka tunggu adalah inovasi terbaru
yang akan digunakan Apple dalam produk terbarunya tersebut. Konsumen bersedia
membayar lebih tinggi untuk sebuah inovasi. Dalam bisnis hal itu akan
meningkatkan profit margin. (Wiko Rahardjo)
Manfaat Inovasi
Tentu
saja sebuah inovasi digali dan dikembangkan dengan maksud dan tujuan antara
lain untuk menghasilkan produk atau jasa pelayanan yang lebih canggih, lebih
mutakhir, lebih ringan, lebih cepat, lebih mudah, lebih lengkap, lebih
produktif, dan lainnya. Dengan kata lain, jauh lebih baik dari yang pernah kita
atau orang lain lakukan sebelumnya. Bagi perusahaan, inovasi merupakan sebuah
faktor dalam memenangkan persaingan dengan berbagai kelebihan atau keunggulan
hasil inovasinya. Antara inovasi dan kreatif berjalan saling bergandeng tangan.
Tidak
ada inovasi tanpa kreativitas, sekalipun sebaliknya bisa saja
terjadi,kreativitas tanpa inovasi. Jadi diperlukan orang-orang atau tim yang
mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Inovasi tidak selalu datang seketika,
sering pula diperlukan waktu yang cukup panjang dan memerlukan percobaan
berkali-kali, trial and
error, oleh karena itu diperlukan kesabaran dan kegigihan seperti
yang dilakukan Edison. Pengembangan dalam menuju inovasi perlu proses yang memakan
waktu,biaya,dan pemikiran yang mendalam. Bukan saja dari seorang,tapi dari
sebuah tim.
Inovasi
tidak boleh berhenti, melainkan suatu usaha yang harus terus-menerus dilakukan.
Karena begitu kita berhenti,orang lain yang akan melakukannya dan kita yang
akan ditinggalkan. Selamat berinovasi.Tiada henti!
Kiat-kiat berinovasi
dalam bisnis
1.
Anda harus
tajam melihat peluang dan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut.
2.
Keluarkan ide.
Ide ini terpancing saat Anda menemukan masalah dan berpikir bagaimana memberikan
solusi terhadap masalah itu. Tahapan ini memerlukan kreativitas dan berpikir
out of the box.
3.
Tidak semua
ide yang Anda keluarkan dapat digunakan. Itu sebabnya ada tahapan pengkajian
terhadap ide yang muncul. Dalam tahap ini, berpikirlah mengerucut. Pikirkan
seberapa besar ide itu dapat mendatangkan kerugian, keuntungan bahkan seberapa
besar ide itu bisa mempengaruhi kinerja bisnis Anda baik yang terkait dengan
SDM, keuangan dan aspek lainnya. Pengkaijan ide ini dilakukan secara terus
menerus sehingga sampai pada pilihan ide yang akan mendapatkan kemungkinan
sukses yang paling maksimal.
4.
Jadikan ide
tadi menjadi sebuah aksi. Perlu diingat, saat Anda sudah memasuki tahap ini,
artinya Anda sudah berani mengambil resiko bisnis dengan segala konsekuensinya.
Analisa setiap implementasi ide Anda dan buatlah evaluasi yang memungkinkan
Anda memperbaiki kekurangannya. Dan jika semuanya berjalan sesuai dengan
rencana Anda, lakukan proses riset kepada pelanggan tentang kepuasaan,
kekurangan. Sehingga tercipta interaksi yang baik tentang produk dan jasa
bisnis Anda.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Berinovasi merupakan suatu faktor penting dalam
berbisnis. Tanpa adanya inovasi maka suatu bisnis tidak akan berkembang. Untuk
itu inovasi butuh dikembangkan agar bisnis berjalan sukses.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar