Minggu, 02 Desember 2012

Tugas Artikel Pengantar Bisnis (Sofstkill)


Judul : Inovasi dalam berbisnis

Tulisan : 2

Kelas 1EB21



UNIVERSITAS GUNADARMA

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2012
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB21
Nama : Nurl Fathia Lulu Septiarini
NPM : 25212506
Tugas Kelompok 



Nama Kelompok                    NPM
1.Anis Septriyani P             (20212931)
2.Deslia Nisrina H              (21212894)
3.Melinda Chelviana          (24212541)
4.Nurl Fathia Lulu S           (25212506)
5.Tika Ervina Br K             (27212384)

BAB I
PENDAHULUAN
    A.   Latar Belakang

Dalam makalah ini akan dibahas mengenai inovasi dalam berbisnis. Inovasi merupakan suatu pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing. Seringkali orang mengalami kegagalan dalam berbisnis karena kurangnya inovasi terhadap barang yang didagangkan. Untuk itu, inovasi merupakan suatu hal yang penting dibahas.

    B.   Rumusan Masalah

a)    Pentingnya inovasi dalam berbisnis
b)    Kiat-kiat berinovasi dalam bisnis

    C.   Tujuan Pembahasan

a)    Mengetahui manfaat dari berinovasi




BAB II
PEMBAHASAN

Definisi Inovasi

            Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. inovatif juga merupakan sikap penting bagi yang hendaknya dimiliki oleh seorang wirausahawan. wirausahawan yang slalu melakukan inovasi dalam ushanya. maka keuntungan dan kesuksesan akan ia dapat. inovatif merupakan implikasi dari karakteristik wirausahawan yang mampu membawa perubahan pada lingkungan sekitarnya. inovatif secara tidak langsung menjadi sifat pembeda antara wirausahawan dengan orang biasa, maupun pengusaha. seorang wirausahawan akan selalu memikirkan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, tidak seperti yang dipikirkan dan dilakukan oleh kebanyakan orang. kreatif dan inovatif adalah suatu kemampuan untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis. baik langsung maupun tidak langsung seorang wirausahawan adalah orang yangmampu membawa perubahan pada lingkunganya. disisi lain ia juga orang yang sanggup menerima perubahan yang terjadi dan menyikapi perubahan tersebut dengan positif. ia juga berani mengambil resiko berhasil ataupun gagal di setiap jalan yang ia ambil. wirausahawan mampu bertahan pada kondisi perekonomian yang sulit dan serba kalut. karena disaat semua resah, ia memiliki kreasi dan inovasi untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis.

Pentingnya Inovasi Dalam Berbisnis

Orang seringkali lupa ketika merasa produknya sudah menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis. Padahal dalam dunia bisnis, yang terus berinovasi yang akan terus menjadi pemenang.



Jika Anda percaya roda kehidupan terus berputar, demikian juga dengan roda bisnis. Mungkin tahun ini produk Anda menjadi market leader, tetapi tahun depan belum tentu. Persaingan dalam bisnis sangatlah ketat. Pesaing-pesaing baru terus bermunculan setiap hari. 



Tak sedikit dari mereka hadir dengan membawa inovasi baru. Jika Anda terus bertahan dengan cara lama, yang terjadi adalah bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal.



Seberapa penting sebenarnya inovasi dalam berbisnis? Mengutip tulisan Yoris Sebastian di majalah Femina, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa inovasi penting bagi bisnis Anda.
·         Inovasi dibutuhkan agar bisnis Anda selalu relevan  bagi konsumen. Semakin hari konsumen semakin memiliki karakter yang senang menggunakan produk-produk praktis. Alasannya tentu saja karena mereka semakin memiliki sedikit banyak waktu. Jika dahulu obat jerawat berbentuk bubuk dan harus dicampur air untuk menggunakannya, sekarang orang cenderung lebih suka dalam bentuk cair di dalam tube.
·         Mengganti produk yang masa hidupnya pendek. Beberapa tahun lalu Anda mungkin masih menggunakan alat pemutar kaset atau CD untuk mendengarkan musik. Sekarang cukup dengan MP3 player yang mungil Anda sudah bisa mendengarkan musik.
·         Memberikan untung lebih besar. Peluncuran produk terbaru Apple selalu ditunggu oleh konsumennya. Sebenarnya yang mereka tunggu adalah inovasi terbaru yang akan digunakan Apple dalam produk terbarunya tersebut. Konsumen bersedia membayar lebih tinggi untuk sebuah inovasi. Dalam bisnis hal itu akan meningkatkan profit margin. (Wiko Rahardjo)

Manfaat Inovasi

Tentu saja sebuah inovasi digali dan dikembangkan dengan maksud dan tujuan antara lain untuk menghasilkan produk atau jasa pelayanan yang lebih canggih, lebih mutakhir, lebih ringan, lebih cepat, lebih mudah, lebih lengkap, lebih produktif, dan lainnya. Dengan kata lain, jauh lebih baik dari yang pernah kita atau orang lain lakukan sebelumnya. Bagi perusahaan, inovasi merupakan sebuah faktor dalam memenangkan persaingan dengan berbagai kelebihan atau keunggulan hasil inovasinya. Antara inovasi dan kreatif berjalan saling bergandeng tangan.
Tidak ada inovasi tanpa kreativitas, sekalipun sebaliknya bisa saja terjadi,kreativitas tanpa inovasi. Jadi diperlukan orang-orang atau tim yang mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Inovasi tidak selalu datang seketika, sering pula diperlukan waktu yang cukup panjang dan memerlukan percobaan berkali-kali, trial and error, oleh karena itu diperlukan kesabaran dan kegigihan seperti yang dilakukan Edison. Pengembangan dalam menuju inovasi perlu proses yang memakan waktu,biaya,dan pemikiran yang mendalam. Bukan saja dari seorang,tapi dari sebuah tim.
Inovasi tidak boleh berhenti, melainkan suatu usaha yang harus terus-menerus dilakukan. Karena begitu kita berhenti,orang lain yang akan melakukannya dan kita yang akan ditinggalkan. Selamat berinovasi.Tiada henti!

Kiat-kiat berinovasi dalam bisnis
1.    Anda harus tajam melihat peluang dan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut.
2.    Keluarkan ide. Ide ini terpancing saat Anda menemukan masalah dan berpikir bagaimana memberikan solusi terhadap masalah itu. Tahapan ini memerlukan kreativitas dan berpikir out of the box.
3.    Tidak semua ide yang Anda keluarkan dapat digunakan. Itu sebabnya ada tahapan pengkajian terhadap ide yang muncul. Dalam tahap ini, berpikirlah mengerucut. Pikirkan seberapa besar ide itu dapat mendatangkan kerugian, keuntungan bahkan seberapa besar ide itu bisa mempengaruhi kinerja bisnis Anda baik yang terkait dengan SDM, keuangan dan aspek lainnya. Pengkaijan ide ini dilakukan secara terus menerus sehingga sampai pada pilihan ide yang akan mendapatkan kemungkinan sukses yang paling maksimal.
4.    Jadikan ide tadi menjadi sebuah aksi. Perlu diingat, saat Anda sudah memasuki tahap ini, artinya Anda sudah berani mengambil resiko bisnis dengan segala konsekuensinya. Analisa setiap implementasi ide Anda dan buatlah evaluasi yang memungkinkan Anda memperbaiki kekurangannya. Dan jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana Anda, lakukan proses riset kepada pelanggan tentang kepuasaan, kekurangan. Sehingga tercipta interaksi yang baik tentang produk dan jasa bisnis Anda.



BAB III
PENUTUP

1.    Kesimpulan
Berinovasi merupakan suatu faktor penting dalam berbisnis. Tanpa adanya inovasi maka suatu bisnis tidak akan berkembang. Untuk itu inovasi butuh dikembangkan agar bisnis berjalan sukses.


Daftar Pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar